Diberdayakan oleh Blogger.

Technology Jobs

3/Technology/post-list

Facebook

Cari Blog Ini

Cermin

Tags

Header Ads

test

Business

Fashion

Best Companies

3/Best Companies/col-right

Postingan Populer

Aksi – Reaksi

Masih ingat pelajaran fisika yang diajarkan mbah Newton. Beliau mengenalkan kepada kita tentang Hukum Newton III. Kita banyak belajar dari Hukum Newton tersebut tentang gaya Aksi-Reaksi. Pernyataannya seperti ini :

Apabila sebuah benda memberikan gaya kepada benda lain, maka benda kedua memberikan gaya kepada benda yang pertama. Kedua gaya tersebut memiliki besar yang sama tetapi berlawanan arah.

Secara matematika dirumuskan sebagai berikut :

Faksi = -Freaksi

Untuk lebih jelasnya, coba ketika kita menendang atau mendorong tembok, menendang bola ke tembok atau yang lebih ekstrim lagi memukul atau meninju orang (kalau yang ini jangan dilakukan, cukup di imajinasi saja ya). Apa yang terjadi, tangan kita akan terasa sakit, bola akan kembali memantul. Mengapa hal ini bisa terjadi karena ketika kita menendang/mendorong tembok atau memukul orang, maka tembok atau orang yang kita pukul akan membalas atau memberikan gaya yang sama walaupun orang tersebut tidak membalas dengan pukulan, dengan arah yang berlawanan.

Saya tidak akan mengulas (panjang, lebar, tinggi, luas, volume) tentang Hukum Newton III yang terkait dengan fisika. Tetapi ada sisi lain yang menarik dari hukum Newton III.
Masih ingat firman Allah QS. Al Zalzala ayat 7-8.

فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرً۬ا يَرَهُ ۥ (٧) وَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ۬ شَرًّ۬ا يَرَهُ ۥ (٨)

”Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrahpun, niscaya dia akan melihat [balasan] nya. (7) Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrahpun, niscaya dia akan melihat [balasan]nya pula. (8).”

Ada aksi maka ada reaksi yang besarnya sama dan akan menerima balasannya. Begitupun ketika kita melakukan aksi berbuat baik maka reaksi balasannya juga suatu kebaikan/pahala baik dunia maupun akhirat, sebaliknya ketika kita melakukan aksi kejahatan maka reaksi balasannya juga berupa kejahatan/dosa.

Ayo berlomba-lomba mengisi timbangan kita dengan aksi amal kebaikan agar memperoleh reaksi kehidupan yang memuaskan di dunia dan akhirat. Jangan sampai tidak mengisi atau sedikit timbangan aksi amal kebaikan akibatnya adalah balasan neraka Hawiyah.

فَأَمَّا مَن ثَقُلَتۡ مَوَٲزِينُهُ ۥ (٦) فَهُوَ فِى عِيشَةٍ۬ رَّاضِيَةٍ۬ (٧) وَأَمَّا مَنۡ خَفَّتۡ مَوَٲزِينُهُ ۥ (٨) فَأُمُّهُ ۥ هَاوِيَةٌ۬ (٩) وَمَآ أَدۡرَٮٰكَ مَا هِيَهۡ (١٠) نَارٌ حَامِيَةُۢ (١١)

”Dan adapun orang-orang yang berat timbangan [kebaikan]nya, (6) maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. (7) Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan [kebaikan]nya, (8) maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. (9) Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (10) [Yaitu] api yang sangat panas. (11)”

(QS. Al Qaria ayat 6-11).
Bookmark and Share

1 komentar:

J O N K, on 19 Agustus 2009 pukul 09.24 , Menyampaikan Pesan ...

hello!
you can download free web hosting template in our blog ^^

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan, Kesan, Kritik dan Saran

Copyright © 2009 Template by Mag-Net