Diberdayakan oleh Blogger.

Technology Jobs

3/Technology/post-list

Facebook

Cari Blog Ini

Cermin

Tags

Header Ads

test

Business

Fashion

Best Companies

3/Best Companies/col-right

Postingan Populer

N O L


Angka nol (0) jelas sudah kita kenal sejak kita duduk di bangku sekolah dan diajarkan melalui bidang studi matematika. Dan untuk mengingat angka nol-pun cukup mudah, hanya dengan mengilustrasikan/menggambarkan sebuah bentuk yang menyerupai angka nol yang banyak kita jumpai di sekitar kita.

Mungkin kita pernah menganggap sepele dengan angka nol bahkan angka nol diasumsikan tidak memiliki nilai sama sekali. coba kita perhatikan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan maka hasilnya tidak mempengaruhi nilai/angka yang kita jumlahkan atau kurangi. Misal : 3 + 0 = 3 atau 3 - 0 = 3.

Up disini saya tidak akan mengajarkan/menggurui anda dan diri saya sendiri tentang belajar matematika, tetapi ada makna yang mendalam yang terkandung dalam angka nol (ini persepsi saya pribadi loh) jika anda ada persepsi/pendapat yang lain monggo aja.

Coba perhatikan diri kita sendiri mulai dari lahir sampai saat ini yang sudah bisa mengaktualisasikan segala hal. Ya kita sebagai seorang manusia(hamba Tuhan) semuanya mulai dari nol, dimulai sejak lahir dari perut/kandungan sang ibu, menangis, tersenyum, ketawa, merangka, bejalan, berbicara dan seterusnya sampai sekarang, mungkin sejak lahir tidak terbayang oleh kita. Sama halnya ketika angka nol yang tidak memiliki nilai sama sekali tetapi ketika kita sandingkan dengan angka lain (1000, 5000 ... dst) maka nilainya akan berarti/bermakna.

Ya ini terjadi pada diri kita pada saat bayi, yang tidak memiliki nilai/arti apa-apa, tidak bisa melakukan apapun, itupun terjadi pada angka nol ketika dalam operasi penjumlahan atau pengurangan maka tidak mempengarui nilai/angka yang lain yang tidak memiliki nilai/arti apa-apa, tetapi berkat tambahan nikmat dari Allah SWT semakin lama kita bisa berkembang dan dapat mengaktulisasikan atau meningkatkan potensi diri kita yang mungkin tidak terbayangkan oleh kita sejak lahir tetapi kita bisa melakukannya. Dan hebatnya lagi dengan keterbatasan ilmu yang kita miliki sejak lahir tetapi kita punya semangat yang luar biasa, pantang menyerah ketika kita mulai melajar merangka, merambat sampai bisa berjalan walaupun sampai terjatuh-jatuh tetapi selalu kita ulangi lagi, sampai benar-benar bisa berjalan.


Nah bagaimana jika angka lain selain angka nol dibagi dengan angka nol apa yang terjadi, maka hasilnya tak terhingga.
Misal :

1 / 0 = ∞ (tak terhingga)

Ustadz Ary Ginanjar Agustian mengatakan apabila angka 1 dibagi dengan angka nol yang hasilnya mendekati tak terhingga artinya apabila kita menuhankan Allah Yang Satu, dan meletakkan diri kita sebagai angka nol (hamba), maka kita akan menuju dan raqarrub kepada kekuatan Sang Maha Tak Terhingga.

Itu artinya kita sebagai seorang hamba (angka Nol) yang tadinya tidak memiliki nilai/arti apa-apa tetapi kita yakin dengan pertolongan dan kekuatan yang Allah dengan kepasrahan maka yang muncul adalah potensi yang luar biasa yang tidak terbayangkan oleh kita sebelumnya.

إِنَّ فِى خَلۡقِ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱخۡتِلَـٰفِ ٱلَّيۡلِ وَٱلنَّہَارِ لَأَيَـٰتٍ۬ لِّأُوْلِى ٱلۡأَلۡبَـٰبِ (١٩٠) ٱلَّذِينَ يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَـٰمً۬ا وَقُعُودً۬ا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمۡ وَيَتَفَڪَّرُونَ فِى خَلۡقِ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَـٰذَا بَـٰطِلاً۬ سُبۡحَـٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ (١٩١

” Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (190) [yaitu] orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi [seraya berkata]: "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (191) “ (QS. Al Imran : 190 – 191)
Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan, Kesan, Kritik dan Saran

Copyright © 2009 Template by Mag-Net